Rabu, 05 November 2014

Makanan - makanan yang Wajib Dicoba Jika Berada di Pulau Weh

Jika sedang berada di kawasan paling barat Indonesia atau yang di kenal dengan nama pulau Weh dengan kota kecilnya yang bernama Sabang tidak lengkap rasa nya kalau tidak mencoba makanan – makanan khas nya. Oke supaya tidak banyak basa-basi lagi dan sudah siap untuk mencoba makanan yang berikut ini.
1.  Mie Jalak
Kata jalak berasal dari pencipta pertamanya yaitu pak Jalak. Mie jalak terdiri dari Mie yang berwana kuning, kuah bening, tauge, daun bawang, dan taburan daging ikan yang dipotong kecil-kecil mirip dadu, meskipun tampilan nya sederhana tapi sangat cocok untuk memanjakan lidah. Mie ini dapat ditemukan Toko Pulau Baru, Jalan Perdagangan, Kota Sabang. Toko ini buka mulai jam 8 pagi hingga 12 siang, buka lagi jam 5 sore sampai 10 malam. Seporsi harganya Rp10.000 + Rp5000, yang satu ini wajib, mesti, kudu dicoba

2.  Sate Gurita
Yang menjadi keunikkan dari Sate Gurita adalah rasa dari daging gurita itu sendiri. Jangan bayangin daging gurita yang kenyal atau alot. Justru kita bisa merasakan daging gurita yang lembut, plus bumbu kacang yang pas.

Seporsi Sate Gurita harganya Rp 10.000. Biasa dinikmati dengan lontong ataupun nasi dengan alternatif bumbu yang berbeda, bumbu Jawa atau Bumbu Padang. Sate ini bisa dijumpai di Pujasera (Pusat Jajanan Selera Rakyat) Kota Sabang, yang buka mulai pukul jam 7 malam sampai 10 malam.

3.  Mie Pingsun
Mie ini terkenal juga dengan sebutan Mie Bang Mandra, karena penjualnya mirip Mandra, mie ini juga dikenal dengan Mie Seafood, karena dicampur bermacam seafood, seperti cumi-cumi, udang, dan ikan, juga ada daging dan sayur. Mie ini yang saya favoritkan karena rasa nya itu membuat saya semakin menggebu gebu saat menyantapnya.
Mie ini dapat dibeli di Toko Aneka Ria, mulai berjualan jam 7 malam sampai 11 malam. Seporsinya Rp 10.000. Pokoknya mantap deh.

4.   Mie Sedap
Mie ini juga salah satu mie favorit saya, mie yang satu ini hanya di banderol dengan harga Rp10.000/porsi meski begitu mie ini sangat mengenyang kan perut, mie ini biasa di taburi dengan sayur tauge dan daging ikan yang di potong dadu dan menjadi nikmat bila sudah di lahap
Mie ini dapat di nikmati di Kedai Mie Sedap yang terletak di Jalan Perdagangan 48, Kota Sabang.

5.  Rujak Buah
Sama seperti rujak buah pada umumnya, tapi rasanya segerr dan bikin nagih. Gimana ga nagih, letak nya yang berada di pantai Anoi itam bias makan sambil menikmati pemandangan. Siraman bumbu rujak yang berisi kacang uleg bercampur gula merahnya cukup banyak, ditambah taburan kacangnya ngebuat saya ngiler waktu nulis postingan ini. Rujak ini sangat banyak penikmatnya sehingga kuliner ini menjadi terfavorit di Sabang



Gimana lezat-lezat kan makanan nya datang ke sabang .... ditunggu kedatangannya ya

Chairil Fadil
Kelas X, SMA 2 Sabang

1 komentar: