Rabu, 05 November 2014

Keindahan Wisata Kota Sabang


Sabang merupakan wilayah terbarat dari negara republik indonesia. keindahan wisatanya itu lho sobat yang membuat ia terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan dalam maupun luar negeri. Seperti apakah??,, mari saya bahas satu persatu.


1. Pantai Sumur Tiga

Yang satu ini sobat,, kalau dikira-kira yah paling dekat jaraknya dengan kota,, jarak tempuh sekitar 3-4 km dari kota,, pantai nya juga cukup bersih,, ditemani rindangnya pepohonan kelapa dan hamparan pasir putih membentang sepanjang pantai sumur tiga ini membuat ia menjadi salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi jika ke sabang. bagi para turis mancanegara biasanya sih mereka tuh ya pada betah deh tinggal lama lama di wilayah pantai ini,,selain karena pantai dan lautnya indah suasana nya itu lho sobat,, widihhhh... damai banget deh,, apalagi kalau angin sepoi sepoi bertiup,, kebayangkan gimana rasanya.. karena itulah pemerintah membangun bungalow-bungalow untuk disewakan kepada bule-bule yang ingin menginap di sekitar pantai sumur tiga ini guys ^_^..


2. Pantai Gapang

Yang satu ini guys juga ga boleh ketinggalan untuk mengunjungi nya,, untuk jarak sih agak jauh dari kota,, sekitaran 17-18 km apalagi tuh kalo dijalan biasanya suka ada para monyet yang menyergap,, banyak turis yang membawa kacang-kacangan atau buah pisang untuk diberikan ke si monyet agar nggak diserang. Hihihihihi.. karena monyet monyet ini suka ngejar,, maka itulah disarankan kepada pengunjung agar membawa sedikit “oleh-oleh” untuk mereka daripada dikejar terus digigit kaki atau anggota tubuh yang lain,, kan bisa bahaya tuh,, gag kebayang deh gimana jadinya hihihihihi.....


Setelah melewati rintangan tadi maka sampailah kita di pantai gapang,, pantai ini hampir hampir sama juga dengan pantai sumur tiga,, pasir putih yang membentang jadi tempat bejemur tuh buat bule bule ^_^,, disini juga ada fasilitas snorkeling and diving,, buat adik-adik yang masih kecil kayaknya nih tempat cocok deh buat belajar renang,, soalnya nih pantai arusnya gak besar,, cukup tenang dan dangkal. Trus digapang tuh ada jembatan yang dulunya dibuat untuk kapal bersandar,, sekarang sih udah jarang ya,, banyak digunain buat para pemancing dan juga banyak yang mandi disitu,kalau untuk yang ini sobat sobat yang belum mahir berenang jangan coba coba mandi disini ya,,, bisa berakibat fatal loh guys,, selain agak jauh dari pantai,, dalam lautnya sekitar 3 meter,, kalau memang udah pengen banget ya lebih baiknya sewa pelampung aja,, gak terlalu mahal kok,, biasanya hanya Rp.15.000 bisa pakai sepuasnya.. kalau yang udah pro ya gapapa,, contohnya saya sendiri,, hehehehhehe^_^... nggak bermaksud sombong kok tapi masyarakat sabang bilang “tinggal disabang ya harus bisa berenang soalnya ini kan pulau mau kemana pun jumpanya juga tetep lautan”.

3. Pantai Iboih dan Pulau Rubiah
This is the masterpiece everyone,, ya inilah yang bisa dibilang primadonanya kota sabang,, terkenal sampai ujung dunia deh,, soalnya nih tempat tuh ya istimewa banget,, wisata terumbu karang nya ituloh,, saya bisa bilang salah satu yang terbaik dunia..pengunjung biasanya banyak yang mencoba untuk “snorkeling and diving” in this place ya guys,terumbu karang nya itu loh yang menarik dan kayaknya berwarna dan bervariasi banget,,trus banyak ikan ikan yang berseliweran,, cantik cantik indah dan berwarna warni,, terumbu terumbu karang ini sobat pernah rusak lho ketika tsunami menerjang aceh bulan desember tahun 2004,, tapi kemudian diperbaiki kembali oleh para relawan dan ahli ahli..karena itulah walau bagaimana pun disarankan kepada nelayan-nelayan untuk tidak menggunakan bahan bahan berbahaya jika menangkap ikan di laut,, demi menjaga terumbu terumbu karang itu dari kerusakan lagi.. selain itu juga ada fasilitas perahu kaca untuk melihat terumbu karang bagi yang nggak kepingin basah basahan,, yach semua itu terserah pengunjung deh,, kalau masalah tarif sih untuk perahu kaca setahu saya sekitaran 150.000 juga untuk kapal jalan jalan kepulau rubiah.

kalau untuk snorkeling and diving kurang tahu guys -_-,, soalnya gak pernah nyoba hhhehehe....


4. Tugu Nol Kilometer Indonesia
Jalan lagi sekitar 6-7 kilometer dan sampailah di wilayah paling barat dari negara kesatuan republik indonesia,, yap itulah tugu kilometer sabang,, disini terdapat monumen peresmian,, termasuk salah satu yang banyak dikunjungi para turis juga,, karena pemandangan alam disekitar tugu KM0 juga cukup indah dan dijadikan tempat untuk berfoto foto. Tapi,, tempat ini  sempat diragukan apakah memang wilayah paling barat di indonesia,, soalnya saya pernah melihat di salah satu acara stasiun televisi kalau wilayah paling barat di indonesia itu sebenarnya adalah ‘”pulo rondo”,,, yaitu pulau yang berbatasan langsung dengan pulau nikobar yang menjadi wilayah negara india,, dapat ditempuh melalui jalur laut,, sekitar 2 jam jika dari kota dan 90 menit jika melalui kilometer 0 yang ada disabang,, nggak sembarangan loh guys kalau mau pergi kesana,, soalnya tuh tempat dijaga oleh TNI dan marinir,, harus mendapat izin jika mau kesana,, soalnya itu kan pulau terluar republik indonesia,, jadi harus dijaga agar tidak lepas seperti kasus pulau sipadan dan ligitan,, agar wilayah NKRI kita tetap bersatu dan padu selamanya,, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh,, maju terus indonesiaku.

Sebagai penutup saya kasih pantun nih guys:

Makan ketan di atas gerbang
Bawa vespa ke jakarta
jalan jalan ke kota sabang
jangan lupa pergi berwisata

beli menyan bersama kekasih
cukup sekian dan terima kasih

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Nama : Cresna Bayu
Asal sekolah : SMA 1 Sabang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar