Jumat, 07 November 2014

FAKTA – FAKTA MENARIK PULAU UJUNG BARAT INDONESIA ( SABANG )

Siapa sih yang nggak mengenal Pulau Sabang ?? Pulau nan indah yang  terletak di ujung paling barat Indonesia.Memiliki potensi kekayaan alam yang menabjukan dan  begitu banyak juga fakta – fakta yang menarik yang ada di pulau ini !!
Mau tau fakta – fakta apa saja ?? Mari menjelajah ..... ^_^


1. Letak geografis dan Sejarah 
 Pulau Weh atau yang biasa dikenal dengan sebutan pulau Sabang merupakan pulau kecil di ujung Barat Kepulauan Indonesia .Letak geografis pulau Weh berada diantara pertemuan Samudera Indonesia dengan Selat Malaka dekat dengan persimpangan persimpangan pelayaran Internasional . Luas Kota Sabang 153Km2 , terdiri dari 5 pulau kecil yaitu : Pulau Rubiah , Pulau Seulako , Pulau Rondo , Pulau Weh ( Pulau terbesar ) dan Pulau Klah .

Mengapa disebut dengan Weh !!! 

Konon pulau ini dulu menyatu dengan Pulau Sumatera , karena ada peristiwa alam  yang menyebabkan pulau ini menjadi terpisah . Orang – orang setempat menyebut pulau ini dengan sebutan bahasa Aceh yaitu Weh yang arti dalam bahasa Indonesianya ( Pindah ) . Dengan kata pulau yang berpindaah atau terpisah . Pulau ini juga merupakan  bekas jajahan Kolonial Belanda dan Jepang sampai pada perang Dunia ke II . Pulau ini dijuluki sebagai pulau emas , karena menyimpan misteri alam wisata bahari dengan aneka ragam terumbu karang dan biota laut yang terdapat di taman Laut Gapang , Iboih , dan Pulau Rubiah . Selain itu Pulau Sabang ini di juluki sebagai Pulau 44 Keramat , karena banyak tersebar makam  keramat orang – orang terdahulu . Menarik bukan ..!!!


2.  Panorama Bawah Laut
Yang satu ini merupakan panorama yang menarik yang ada di Pulau Sabang , Panorama bawah laut ini terletak di Daerah Iboih , Gapang , dan Taman Laut Pulau Rubiah . Tempat ini merupakan tujuan utama para wisatawan mancanegara mengunjungi Pulau Sabang . Keunikan panorama bawah laut yang didalamnya terdapat berbagai macam biota laut yang unik , serta pemandangan terumbu karang yang indah . Selain panorama bawah lautnya , pulau Sabang juga memiliki Panorama unik lainnya , seperti : Hutan Lindung  yang masih Asri , panorama pesisir pantai yang menabjukan , panorama pulau – pulau kecil yang ada di sabang , panorama Danau Aneuk Laot , panorama gunung Api , Panorama Gua Sarang , panorama Air Terjun  dan masih banyak lagi panorama unik lainnya . Penasaran untuk mengunjunginya  .. !!
3.Tugu Nol Kilometer
Monumen ini dibangun di titik Nol Indonesia paling barat di pinggir tebing jurang yang menghadap ke Laut Lepas , dengan ketinggian 22,5 meter . Di puncaknya terdapat lambang Burung Garuda yang melambangkan sebagai simbolis negara NKRI , sehingga dibaca Tugu Kilometer Nol RI .  Amazing guys ..!!!
         
4.  Peninggalan Sejarah
Pulau Weh atau Sabang juga dikenal dengan sebutan Pulau Seribu Benteng . Pada saat masa kolonial penjajahan Jepang mulai pada saat terjadi perang Dunia ke II , mereka mulai membangun benteng – benteng pertahanan di pulau ini , sehingga ketika sering menjumpainya ketika sedang melakukan perjalanan di pulau ini . Selain pulau peninggalan sejarah lainnya yaitu berupa Komplek Makam Belanda , Makam – makam  keramat yang tersebar di daratan Pulau Sabang , dan meriam – meriam peninggalan para Kolonial . Wooow :o
               
5 . Taman Merpati
Taman ini terletak di Jalan Diponegoro area Taman Segitiga dekat dengan Rumah Wali Kota Sabang . Taman yang hanya berbentuk segitiga , disinggahi burung merpati yang beraneka warna . Taman yang terjaga dan terawat ini banyak dikunjungi para pengunjung yang bertujuan untuk memberi makan burung merpati . Mau juga rasanya memberi makan burung L
    
6 . Kuliner
Ini bagian yang mengasyikan guys .. Apa lagi bicara tentang kuliner , sedaaapp !!! 
Kuliner di kota Sabang beragam macam bentuknya maupun cita rasanya seperti halnya kota – kota lainnya , yang memiliki cita rasa makanan dan aneka macam yang berbeda . Walaupun di Pulau Sabang terdapat aneka ragam macam makanan , namun ada makanan yang khusus atau spesial yang paling diminati para penduduk lokal ataupun para wisatawan , yaitu : Bakpia Sabang , Dodol jahe  atau Durian , Salak Pondoh , Kue Jahe , Sate Gurita dan Mie Aceh . Selain makanan buatan lokal ada juga kuliner masakan Cina , dan Barat yang paling diminati yang ada di kota Sabang . Contohnya : Mie sedap , Mie Jalak / Mie Kocok , Steak , dan Mie Pingsun . Kuliner yang biasa dijadikan sebagai oleh – oleh bagi para pengunjung itu Bakpia Sabang , dan Dodol Jahe . Asli buatan Lokal yang rasanya sudah menjalar ke luar daerah . Nyamm ,, nyamm ,, !!!

      
7.  Beraneka Ragam Souvenir
Di Sabang banyak terdapat industri rumah tangga yang berkembang dalam bidang kerajinan kayu atau kerajinan lainnya yang bahan dasarnya dari alam . Banyak sekali Aneka Ragam Kerajinan yang dijajarkan di kios – kios souvenir di kota Sabang . Contohnya berupa : Asbak , Piring – piringan , Gelang , Gantungan , dll . Ada juga souvenir lokal yang bertaraf modern , seperti : Baju Kaos yang coraknya bertemakan tentang pulau Sabang yang merupakan hasil kreasi Anak Lokal , dan Hiasan Kecil lainnya . Kreatif kan :D
              

Terima Kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel saya , semoga dengan adanya artikel ini , bisa menambah wawasan kita menjadi lebih banyak . Jangan lupa bagi yang belum pernah datang ke Sabang , mari lekas berkunjung ke Sabang , nikmatilah sensasi yang menyenangkan di Pulau Ujung Barat Indonesia ini ( Pulau Sabang ) . Sekian .......

Nama                         : Bryan Edo Billyanto
TTL                              : Sabang , 17 Feb 1997
Kelas                          : IX Mia 1
Asal sekolah             : SMA Negeri 1 Kota Sabang
Tempat Tinggal       : Kota Sabang ( Pulau Weh ) 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar